Monday, August 25, 2008

Desain WEB dengan HTML (1)

Pendahuluan

Siapa belum kenal Internet??? Penulis berharap para siswa sudah mengenalnya… “soale.. kok le ndeso-temen to cah... ‘hari gini’ kok masih belum ngenal itu yang namanya internet…..”
Pertanyaan diatas perlu penulis ajukan, karena dalam buku saya ini, akan dibahas (teori dan praktek) mengenai seluk beluk mendesain dan membuat halaman-halaman web, seperti yang sering kamu lihat ketika ngenet “surfing berbagai informasi” di internet menggunakan browser web. Jadi kamu paling tidak harus dikit-dikit ngenal soal internet, agar ngerti gambaran tentang yang namanya web. Cuma saja…, sajian dalam buku ini hanya dasar-dasar saja yach !... Maklum dech namanya juga Desain WEB tingkatan Dasar… Cukuplah untuk pemula… Kalau ingin yang lebih siip… ya tunggu mainnya saja, di buku selanjutnya yang membahas mengenai Desain WEB Tingkat Lanjut. Ok?!

Dibawah ini, contoh tampilan satu halaman WEB di Internet
(sumber: http://www.ketawa.com),
Dijalankan menggunakan software browser Internet Explorer

Dibawah ini, contoh tampilan satu halaman WEB di Internet
(sumber: http://www.ketawa.com),
Dijalankan menggunakan software browser Internet Explorer

1. World Wide Web (WWW)
WWW lebih dikenal dengan nama keren: Web. Awalnya merupakan suatu layanan penyajian informasi di Internet dengan menggunakan HTML. Web identik dengan Internet atau, boleh juga dikatakan, salah satu layanan internet adalah web atau www ini. Karena kepopulerannya saat ini, web bahkan sudah menjadi interface aplikasi untuk melakukan transaksi, dan sebagai media sajian informasi yang lengkap dari seluruh penjuru dunia. Dasar lahirnya Web ini karena jasa Consei Europeen pour la Recherche Nucleare atau CERN tahun 1993 di Geneva, Swiss, yang mengembangkan suatu cara untuk men-share data antar koleganya menggunakan hypertext. Pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar komputer dengan menggunakan software browser. Sekarang web dimaintenance oleh World Wide Web Consortium. Standar web yang paling mendasar adalah HTML, CSS, dan XML. Di buku ini, saya hanya membahas tentang HTML.
Kamu Ingin tahu lebih banyak?? Kunjungi saja di http://www.w3.org/


2. Browser Web
Adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web, yang antara lain berupa kumpulan web pages. Saat ini software tersebut telah menggunakan interface grafis. Yang populer antara lain: Internet Explorer; Netscape Navigator; Firefox; Opera

3. Hypertext Markup Language (HTML)
HTML atau Hypertext Markup Language merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server ke software browser yang kamu pakai, misalnya Internet Explorer. Melalui software browser inilah yang memungkinkan kamu bisa menjelajah internet dan melihat halaman-halaman web yang menarik di berbagai situs web. Nah.. halaman-halaman web tersebut dibuat dan di desain menggunakan HTML. Sekarang ini di pasaran terdapat banyak sekali HTML authoring (software yang digunakan untuk membuat atau mendesain halaman web secara instan), misalnya: Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, Microsoft FrontPage. Bahkan software-software aplikasi berbasis grafis-pun sekarang juga rame-rame menyajikan tambahan kemudahan fasilitas untuk mampu pula digunakan sebagai sarana mendesain halaman web, seperti: Adobe photoshop dan CorelDraw. Tetapi, tanpa mengetahui dasar-dasarnya, kamu tidak akan dapat memperoleh hasil yang maksimal. Mengapa ? Karena walaupun software-software instan tersebut semakin menawarkan kemudahan dalam membuat halaman web, tetapi biasanya seseorang masih perlu untuk mengedit halaman web tersebut secara manual. Terutama untuk halaman web yang sangat komplek. Nggak percaya? Coba tanya para webmaster?? Pokoke rasah ngeyel…lah..!?!?
Dalam tutorial ini, saya ingin mengajak kamu untuk mengetahui dasar-dasar dari desain web, khususnya menggunakan HTML. Yang dibutuhkan hanya sebuah program editor text biasa, yaitu: program Notepad, atau HTML editor. Sederhana sekali bukan? Jadi, jika di komputermu tidak terinstalsi software untuk mendesain web, kamu tak perlu kuatir karena masih bisa mendesain web menggunakan Notepad. Siiip tho..

Klik Start  Programs  Accessories  Klik Notepad ……. Lalu…
Sim… salabimm… maka … “Tampillah notepad seperti berikut ini…”

bersambung...............

1 comment:

kristin said...

Wikan th 2008 ini sudah kelas 3 SD dan Raditya adiknya di TK A (kecil)